Friday, November 29, 2019

Tangkal Radikalisme dan Ujaran Kebencian BEM IPI Garut Gelar Diskusi Publik
Tangkal Radikalisme dan Ujaran Kebencian BEM IPI Garut Gelar Diskusi Publik

Garut - BEM institut Pendidikan Indonesia (IPI) menggelar diskusi publik dengan Tema " Tangkal Radikalisme dan Ujaran Kebencian"  sebagai  upaya menjaga persatuan dan kesatuan negara Kesatuan Republik Indonesia. (29/10/19).

Acara Tersebut dihadiri puluhan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dikabupaten Garut.  Turut hadir juga para pemateri dalam acara ini diantaranya,   wahyudijaya dari Kesbangpol Kab. Garut, joni Sulaima, M. Pd ketua prodi pbsi ipi Garut, Hj Eddi Kemenag Kab. Garut.

Radikalisme merupakan suatu ideologi dan paham yang bertujuan melakukan perubahan pada sistem sosial dan politik melalui cara-cara kekerasan / ekstrim. Disisi lain, merupakan sikap dan tindakan seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara-cara kekerasan dalam mengusung perubahan yang diinginkan, tentunya selalu bertentangan dengan sistem sosial yang berlaku. Menurut Taufik selaku Ketuplak.

Namun, perkembangan paham radikalisme di Indonesia selama ini nyatanya tidak hanya sebagai pemicu terciptanya jaringan teroris, yang kemudian menyebabkan maraknya berbagai aksi teror yang terjadi dalam kurun waktu 20 tahun belakangan. Tambahnya ketika di wawancara
Paham radikalisme sejatinya memiliki dampak yang lebih komprehensif, yaitu turut mempengaruhi sikap dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia.

Paham tersebut diketahui menciptakan sikap eklusivisme terhadap kelompoknya yang memiliki pemikiran serupa, sehingga menimbulkan sikap antipati serta intoleransi antar kelompok masyarakat lainnya. Selain itu, juga meningkatkan ujaran kebencian, termasuk terhadap kebijakan Pemerintah jika tidak sesuai dengan asas yang dianut oleh kelompok radikal. Ujar Yolanda selaku Presma Ipi.

Perkembangan paham tersebut di Indonesia tidak hanya berpotensi menimbulkan ATHG bagi keamanan Nasional, melainkan juga menjadi ancaman bagi persatuan dan kesatuan Bangsa.Di sisi lain, juga berpotensi menghambat realisasi kebijakan Pemerintah kedepan. Tambahnya

Acara diskusi ini berjalan lancar dan khidmat diharapkan dari hasil diskusi ini mahasiswa yang terdiri dari berbagai kampus dan lingkungan yang berbeda ini bisa mengedukasi masyarakat terutama masyarakat sekitar mereka tinggal untuk menjaga persatuan dan kesatuan serta keutuhan Negara yang kita Cintai dari Bahaya radikalisme dan Ujaran Kebencian. 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter