Saturday, October 19, 2019

Barry Larry Band: Inovasi Untuk Kemajuan Musik Garut
Barry Larry Band: Inovasi Untuk Kemajuan Musik Garut

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun 2019 tinggal menghitung hari, tentu saya tidak ingin kehilangan momentum untuk menggali makna dari pemuda asli Garut. Kali ini saya ingin mendapatkan makna yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena merasa bosan dengan  sudut pandang yang selalu dimaknai peran pemuda dari aspek politik, pendidikan, sosial dan budaya, maka nampaknya akan lebih menarik apabila saya menggali makna pemuda dari aspek seni musik. Seperti yang kita ketahui, bahwa di tahun 2019 ini telah begitu banyak pemusik-pemusik asal Garut bermunculan dengan karyanya masing-masing. 

Bicara soal musik, sebenarnya Garut tidaklah kekurangan orang yang mahir di bidang itu. Banyak pemuda-pemuda asal Garut yang telah terjun, berjibaku di bidang musik. Meski kenyataannya masih sangat minim apresiasi dari beberapa kalangan, salah satunya adalah pemerintah.

Beruntung malam ini saya bertemu dengan pelaku musik sekaligus pemuda asli Garut, di sebuah kedai kopi bernama Sweetless, sebuah tempat yang tepat untuk menikmati malam bersama kopi. Beliau adalah Kang Eka, pelopor berdirinya sebuah Band indie bernama Barry Larry pada tahun 2016. Motivasi beliau untuk memiliki band telah tumbuh sejak Ia masih berada di bangku sekolah dasar, setelah masuk SMP dan SMA kemahiran dan kecintaanya terhadap musik terus tumbuh hingga pada akhirnya beliau benar-benar ingin fokus menggeluti hobinya tersebut. 

Barry Larry dibentuk bukan tanpa tujuan, menjadi band besar dan memiliki keluarga besar, solid serta mandiri menjadi prioritas utama ketimbang hanya sebatas eksistensi belaka. Perlu dikatahui bahwa Barry Larry ini bukan hanya sekedar band yang dibentuk dan bubar saat semua personil telah menua, Barry Larry adalah investasi yang kedepan akan bisa dilanjutkan oleh anak-anak di generasi selanjutnya.

Band Indie asal Garut ini pernah bongkar pasang personil, di tahun 2016 Barrry Larry di isi oleh Eka, Irfan, Delian, Teguh dan Rizal, akan tetapi seiring berjalannya waktu serta kesibukannya masing-masing akhirnya satu persatu dari mereka pun mengundurkan diri. Hal tersebut tidak membuat mental Barry Larry “ciut” untuk terus maju, sekarang Barry Larry memiliki formasi lengkap yaitu: Agam bermain dram, Fachri bermain gitar, Ucil bermain Bass, dan Eka bermain vokal sekaligus gitar. 

Pengalaman manggung di berbagai event, baik kecil hingga besar membuat band bergenre Pop Punk ini dapat dengan mudah mengisi kekosongan di hati para penggemarnya. Bahkan saat ini Barry Larry sedang disibukan dengan penggarapan mini album yang telah ditunggu-tunggu oleh para penggemar setia Barry Larry. 

Bicara soal lagu, pasti setiap band memiliki lagu favorit yang sering dibawakan disetiap kali mereka manggung. Begitu juga dengan Barry Larry, mereka memiliki beberapa lagu yang seringkali di bawakan ketika manggung, diantaranya “Bersama Waktu” dan “Bukan tuk Terdiam”. Kamu bisa nikmati karya di youtube, i-tune, spotify, joox dan lainnya. 

Lagu dengan judul Bersama Waktu menjadi motivasi dan prinsip Barry Larry untuk terus maju bersama, tanpa perlu peduli dengan caci maki orang lain atas karya yang diciptakan. Karya tetaplah karya, hanya seorang penikmat karyalah yang mampu mendapatkan makna dari karya. Tidak peduli dengan mereka yang tidak mampu menghargai karya, toh itu tidak mengurangi esensi dari karya itu sendiri. Maka berjalanlah terus seperti waktu yang tak pernah lelah dan berhenti mengarungi kehidupan ini, yakinlah pada suatu waktu mereka akan menengok kita seperti halnya mereka melihat jam atau waktu. Begitulah pesan dari Kang Eka Barry Larry untuk pegiat musik Garut.

Selain itu, saya mendapatkan makna besar dari sumpah pemuda 2019 ini. Menurut Kang Eka, 28 Oktober 2019 ini adalah momen untuk maju bersama para pegiat musik di Kab. Garut. Prinsipnya hanya satu, yaitu: “jangan banyak mikir, lebih baik banyakin gerak untuk berkarya. Tidak perlu banyak bicara, biarkan karya yang bicarakan siapa kita.” Awali kesadaran itu dengan membuat event-event mandiri yang semua pegiat musik Garut berada satu panggung karena bukan panggung besar yang akan membesarkan band-band Garut tetapi kontinyuitas event yang kita laksanakan, pada akhirnya kita akan saling membesarkan band kita. Jadi ayo kita bersama-sama menghidupkan musik Garut dengan berbagai karya pemuda-pemuda asli Garut. Meski nama band dan genre musik yang berbeda akan tetapi kita memiliki semangat yang sama untuk kemajuan musik indie Garut. Tanpa kebersamaan dan kekeluargaan pegiat musik, Garut akan kehilangan nilai di bidang musik masa kini. 
Penikmat musik Garut tentu akan sangat merindukan karya-karya pemuda Garut bermain di panggung yang sama, termasuk saya. Semoga kedepan harapan itu dapat terjadi demi kebaikan dan kemajuan Kab. Garut. Dari pemuda untuk kemajuan musik Garut.

Kontributor: Hasanudin

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter