Tuesday, August 27, 2019

Sekjen DPD KNPI Jabar Beri Pesan Pada Mahasiswa   Di  PBAK UIN Bandung
Sekjen DPD KNPI Jabar Beri Pesan Pada Mahasiswa Di PBAK UIN Bandung

Setengahnalar.id - Kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang dihadiri oleh sejumlah Mahasiswa Baru 6.637 orang. Gelaran PBAK tahun 2019 bertajuk "Moderasi Beragama dalam Menyongsong SDM Unggul Indonesia Maju", di Aula Anwar Musaddad (27/08/2019).

Dalam kegiatan tersebut Sekjen KNPI Jawa Barat Asep Komarudin,   ia memaparkan materi pada para Mahasiswa baru dan berpesan.

“Mahasiswa ini adalah aset besar yang dimiliki bangsa kita. Jadi, kelompok pemuda itu distribusi terbesar mahasiswa dengan berbagai perubahan strategis yang banyak dimotori oleh generasi-generasi muda yaitu mahasiswa”, ujar Asep Komarudin.

Selain itu Asep Komarudin  mengungkapkan bahwa Mahasiswa di kampus menjadi faktor utama dalam berbagai perubahan bangsa Hal ini terlihat dari sejarah pergerakan pemuda di Indonesia yang diawali dengan gerakan reformasi 1 Mei 1998,  Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 hingga sekarang. Maka dari itu ia merasa penting hadir di tengah-tengah mahasiswa karena peguruan tinggi adalah ruang intelektual kader-kader bangsa.

Ia pun menambahkan, pemuda itu memiliki kemampuan yang pertama mereka memiliki sifat confident, yaitu kepercayaan diri yang dibekali ilmu dn keterampilan. Yang kedua, adalah kreatif, karena pemuda harI ini berada di dunia yang sudah responsif. Yang terakhir adalah connection, yaitu jaringan, "mengingat pemuda hari ini lebih banyak memiliki teman secara media sosial daripada teman secara fisik" tambahnya.

Di samping itu, ia sering menggelorakan untuk menjadi manusia yang hebat, dalam arti harmoni dalam kebhinekaan, empati dalam kebersamaan, berdikari dalam pendirian dan keputusan, aspiratif dalam kebijaksanaan, dan terdepan dalam kemajuan.

Menurut Salah satu Mahasiswi yaitu  Raissa Shaifatillah “Dengan ini, saya dapat mempertajam kearifan kita terhadap nasionalisme dan bagaimana cara mecintai bangsa  juga bagaimana kita menghindari paham-paham yang bertentangan ideologi nasional kita pancasila" ungkapnya.

Kontributor : Pipin

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter