Friday, July 5, 2019

KEDUDUKAN EVALUASI DI DALAM KURIKULUM DAN PENGAJARAN
KEDUDUKAN EVALUASI DI DALAM KURIKULUM DAN PENGAJARAN

A. Pengertian Evaluasi Dalam Pengajaran
Dalam arti luas, evaluasi adalah suatu proses merencanakan, memperoleh, dan menyediakan informasi yang sangat diperlukan untuk membuat alternatif-alternatif  keputusan (Mehrens & Lehman, 1978:5).
Dalam hubungan dengan kegiatan pengajaran, evaluasi adalah suatu proses yang sistematis untuk menentukan atau membuat keputusan sampai sejauh mana tujuan-tujuan pengajaran telah dicapai oleh siswa. Evaluasi pendidikan ialah penaksiran terhadap pertumbuhan dan kemajuan siswa kearah tujuan-tujuan atau nilai-nilai yang telah ditetapkan di dalam kurikulum.

B. Fungsi Evaluasi Dalam Proses Belajar Mengajar
Untuk mengetahui kemajuan dan perkebangan serta keberhasilan siswa setelah mengalami atau melakukan kegiatan belajar selama jangka waktu tertentu.
Untuk mengetahui tingkat keberhasilan program pengajaran. Pengajaran sebagai suatu system terdiri atas beberapa komponen yang saling berkaitan satu sama lain. Komponen-komponen yang dimaksud antara lain adalah tujuan, materi atau bahan pengajaran, metode dan kegiatan belajar mengajar, alat dan sumber pelajaran, dan prosedur serta alat evaluasi.

C. Hubungan Antara Pengajaran Dan Evaluasi
Pengajaran itu efektif jika mengarah kepada perubahan yang diinginkan didalam diri siswa.
Pola-pola tingkah laku baru akan dipelajari siswa dengan baik jika ketidakcocokan perilaku yang sekarang dimengerti dan kebermaknaan perilaku baru yang menjadi jelas karenanya.
Pola-pola tingkah laku baru dapat lebih dikembangkan secara efektif oleh guru-guru yang mengetahui pola-pola tingkah laku yang ada pada individu siswa dan alasan-alasannya.
Belajar ditimbbulkan oleh masalah-masalah dan kegiatan-kegiatan yang menuntut pemikiran atau perbuatan dari individu siswa masing-masing.
Evaluasi itu efektif jika dapat membuktikan sampai dimana perubahan itu terjadi didalam diri siswa.
Evaluasi sangat berguna bagi belajar jika ia mendorong dan membangkitkan siswa untuk mengevaluasi diri.
Evalauasi itu berguna bagi pengajaran yang baik jika ia mengemukakan tipe-tipe pokok dari tingkah laku yang tidak sesuai dan sebab-sebab yang mendukungnya.
Kegiatan-kegiatan dan latihan-latihan yang dikembangkan untuk  tujuan pengevaluasian tingkah laku tertentu juga berguna bagi mengajar dan belajar tingkah laku tersebut.

D. Kegunaan Data Evaluasi
Penggunaan data yang diperoleh dari teknik-teknik evaluasi sebenarnya bergantung pada tujuan-tujuan yang akan dicapai/yang dihendaki. Perencanaan yang matang adalah dasar bagi penggunaan yang bijaksana dari informasi yang diperoleh/dilakukam dengan bermacam-macam alat evaluasi. Satu cara mengklasifikasi penggunaan bermacam-macam pengukuran bergantung pada fungsi berbagai personel sekolah, terutama administrator, supervisor, guru konselor/pembimbing dan pekerja riset.

E.Program Evaluasi
1. Arti dan perlunya program evaluasi
Yang dimaksud dengan ‘program evaluasi’ ialah suatu program yang berisi ketentuan dan cara-cara tentang penyelenggaraan atau pelaksanaan evaluasi pendidikan di suatu sekolah.
2. Hal yang perlu mendapat perhatian dan penyusunan program evaluasi
a. Pimpinan sekolah dan guru-guru menyadari kekurangan serta kelemahan-kelemahan yang terdapat dalam menyelenggarakan evaluasi yang pernah dilakukan selama ini.
2. Penyusunan program evaluasi hendaklah dilakukan bersama oleh pimpinan sekolah dan guru-guru .
3.Jika disekolah yang bersangkutan telah ada lembaga atau badan bimbingan dan penyuluhan yang baik dan lengkap, usaha penyusunan program evaluasi haruslah dilakukan bersama  antara guru-guru dan para konselor BP.

3. Ciri-ciri evaluasi yang baik
a. Desain atau rancangan program evaluasi itu komprehensif
b. Perubahan-perubah tingkah laku individu harus mendasari penilaian pertumbuhan dan perkembangannya.
c.Hasil-has evaluasi harus disusun dan dikelompok-kelompokkan sedemikian rupa sehingga memudahkan interpretasi yang berarti.
d. Program evaluasi haruslah berkesinambungan dan saling berkaitan (inter-related) dengan kurikulum

4. Isi program evaluasi
a. Adanya perumusan tujuan umum sekolah yang bersangkutan seperti yang tercantum didalam kurikulum sekolah masing-masing.
b.Perumus tujuan tiap mata pelajaran sesuai dengan tujuan sekolah masing-masing .
c. Ketentuan tentang pemilihan alat-alat evaluasi yang sesuai dan dapat dipergunakan untuk mengevaluasi setiap aspek pertumbuhan yang dihendaki. 
d. Ketentuan tentang jadwal kegiatan evaluasi, yang memuat antara lain : bilamana evaluasi harus dilakukan, berapa kali dalam tiap semester  caturwulan-bulan, aspek-aspek mana yang perlu di evaluasi, dan alat evaluasi yang dipergunakan.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter