Sunday, June 16, 2019

Hilangnya Garut kota Intan dan Munculnya Garut Kota Dodol
Hilangnya Garut kota Intan dan Munculnya Garut Kota Dodol

Kota Intan adalah julukan atau nama lain dari sebuah kota yang dulu di kenal dengan kota terbesih yang mendapatkan penghargaan adipura atau kota terbesih seindonesia, kota ini tak lain adalah kota Garut yang terletak di provinsi Jawa Barat.

Kota Garut yang dahulu di menjadi barometer kebersihan bagi kota lain di Indonesia, bahkan banyak kepala pemerintahan dari kota lain yang dulu sering berkunjung untuk melakukan study dalam penerapan kota bersih.

Namun nampaknya sejarah yang tercatat untuk kota Garut sebagai Kota Intan itu perlahan terkikis dengan banyaknya sampah berceceran di mana-mana. Entah siapa yang salah apakah warganya yang sudah tidak peduli akan kebersihan atau tidak becusnya pemerintah dalam mengelola sampah.

Bahkan pada pertengahan 2019 ini, menurut data yang langsung di sampaikan oleh Bupati Garut prihal sampah ini sudah tidak terkontrol bahkan Garut hari ini sudah bisa di bilang darurat sampah.

Hal yang lebih miris lagi bagi kota intan ini, beberapa waktu lalu di bundaran Tarogong tepatnya, di bangun kembali tugu dengan tulisan "Selamat Datang di Kota Dodol".

Entah apa yang melatar belakangi pembangunan tersebut, memang benar Dodol adalah makan khas bagi warga Garut. Hal ini juga menjadi pro kontra di kalangan masyarakat, banyak yang mendukung, namun tidak sedikit yang ke cewa akan nama Kota Dodol.

Mungkin penamaan kota Intan sudah tidak layak dengan Kondisi Kota Garut hari ini sehingga menjadi kota dodol, atau mungkin ada alasan lain atas penamaan tersebut.

Entahlah, yang pasti saya ingin mengucapkam selamat tinggal kota Intan dan selamat datang Kota Dodol.

Oleh : Fathan Nur Muhajir

5 comments:

  1. Seharusnya pemerintah membenahi masalah sampah di garut . Bukan malah mengganti icon kota Garut .

    ReplyDelete
  2. Seharusnya pemerintah membenahi masalah sampah di garut . Bukan malah mengganti icon kota Garut .

    ReplyDelete

Popular Posts

Newsletter