Tuesday, March 5, 2019

Kebutuhan ‘Fundamental’ Mahasiswa Hari Ini
Kebutuhan ‘Fundamental’ Mahasiswa Hari Ini

Menjadi mahasiswa merupakan anugrah terindah yang patut disyukuri dan dinikmati. Karena pada dasarnya, tidak semua orang bisa mendapatkan gelar menjadi mahasiswa. Setidaknya dengan menjadi mahasiswa, hal yang paling mendasar telah kita rasakan, misalnya harkat derajat kita naik dan terselamatkan, dari yang tadinya bergelar pengangguran sedikit meningkat menjadi pengangguran berlabel mahasiswa.

Baca : pemikiran edwar said

Selain itu mahasiswa memiliki tugas dan peranan penting dalam stuktur sosial, dimana mereka berperan sebagai agent of change (agen perubahan), kemudian agent of social control dan juga iron stock, atau orang yang akan melanjutkan estafeta kepemimpinan di masa yang akan datang. 

Baca : 6 orasi presma terbaik

Nampaknya ini sudah menjadi jargon yang usang ya? Dan itu hanya ada pada mahasiswa zaman old saja, beda lagi kalau untuk mahasiswa kekinian.

Disamping itu mahasiswa selain memiliki peran dan fungsi yang sangat penting, mahasiswa juga memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi untuk mempertahankan title kemahasiswaannya. Dan berikut daftar kebutuhan mahasiswa yang paling fundamental saat ini:

1. Buku

Tidak bisa dipungkiri, bahwa mahasiswa itu selalu identik dengan buku. Di mana buku ini selain menunjang tugas perkuliahan, buku ini juga akan meningkatkan wawasan dan daya nalar mahasiswa. Sehingga dari buku bacaan inilah, mahasiswa memiliki landasan dalam bergerak merubah dan kritis terhadap permasalahan serta kondisi sosial di lingkungannya.

2. Laptop

Laptop merupakan alat yang sangat penting dalam menunjang perkuliahan. selain untuk mengerjakan tugas, laptop juga berfungsi menjadi pengganti buku, bahkan seorang dosenpun ketika memberikan perkuliahan hampir semuanya menggunakan powerpoint di laptopnya.

3. Gadget

Setiap mahasiswa hari ini pasti memiliki gadget. Karena barang yang satu ini menjadi kebutuhan mahasiswa paling fundamental di era milenial ini, minimal untuk menunjang komunikasi sehari-hari. Bahkan banyak mahasiswa yang memiliki gadget lebih dari satu. Kecanggihan alat ini membuat mahasiswa cenderung ‘autis’, serasa mati gaya lah kalau mahasiswa gak bawa gadget.

4. WiFi

Setelah gadget, WiFi merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa hari ini, ditengah keterbatasan kuota -atau sebut saja ‘fakir kuota’ dan mustad ‘afin kontemporer-, Wifi membuat mahasiswa selalu terhubung dengan dunia internet dan menjadi penopang mahasiswa untuk mencari informasi mengenai tugas perkuliahan atau untuk sekedar bermain game online.

5. Kopi dan Rokok

Ya. Kopi dan rokok merupakan hal yang paling penting bagi mahasiswa hari ini, dimana mahasiswa hari ini sering kali disibukan oleh tugas-tugas kampus, sehingga membuat dirinya mengalami kepenatan. Selain itu kopi juga menjadi penunjang yang senantiasa menghangatkan diskusi para mahasiswa terutama mahasiswa yang aktif dalam diskusi-diskusi yang cukup berat, misal tentang perdebatan Cebong vs Kampret. Atau kopi juga menjadi teman setia para mahasiswa yang setiap hari bermain game di area-area khusus yang menyediakan Wifi gratis.

6. Mie Instan

Tanpa kita sadari, mie instan merupakan sesuatu yang paling berharga dalam menunjang kehidupan mahasiswa saat ini, karena pada dasarnya tidak semua mahasiswa bisa membeli makanan yang mewah setiap harinya, apalagi manakala memasuki akhir bulan.

Mie instan menjadi anugrah Tuhan guna menyambung hidup mahasiswa. Makanya tidak heran manakala mie instan juga termasuk kedalam rentetan kebutuhan mahasiswa di era milenial hari ini.

Itulah sekiranya beberapa kebutuhan Mahasiswa hari ini versi SetengahNalar.id. Para pembaca yang terhormat boleh setuju atau pun tidak dengan daftar-daftar kebutuhan di atas, namun jika kita membaca dan mengamatinya dengan seksama, maka warga SetengahNalar.id akan setuju dan mengajak kita untuk diskusi di tempat khusus yang menyediakan Wifi gratis sambil ngopi serta ditemani semangkok mie instan.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter