Saturday, March 30, 2019

BAWASLU Kabupaten Garut Gelar Rapat Kerja Pengawasan Pemilu Partisipaif Dengan Pemantau Pemilu
BAWASLU Kabupaten Garut Gelar Rapat Kerja Pengawasan Pemilu Partisipaif Dengan Pemantau Pemilu

SetengahNalar.id, GARUT – BAWASLU Kabupaten Garut menggelar Rapat Kerja Pengawasan Pemilu Partisipatif dengan Pemantau Pemilu Kabupaten Garut tahun 2019 (29/03/19). Acara ini berlangsung di Banyu Alam Resort & Hotel.

Rapat Kerja pengawas pemilu ini bertujuan untuk efektivitas dalam melakukan fungsi pengawasan di Pemilu serentak tahun 2019 untuk mewujudkan Pemilu demokratis dan indikator dari Pemilu demokratis itu haruslah ada partisipasi dari semua pihak atau steak holder, termasuk Pemantau Pemilu. “Dengan adanya Pemantau Pemilu ini, harusnya direspon dengan gembira karena ini merupakan upaya untuk mewujudkan Pemilu yang berintegritas, berkualitas, demokratis dan pemilu yang legitimate.” Ucap Asep Burhan selaku komisioner BAWASLU Garut.

“Saya sangat merespon dan mengapresiasi sekali karena dengan adanya Pemantau Pemilu ini kami dalam melakukan pengawasan sangat terbantu sekali, hal ini sudah tertera dalam UU No. 7 tahun 2017 dan nanti kalau ada dugaan-dugaan pelanggaran yang ditemukan di lapangan oleh pemantau pemilu maka pemantau Pemilu itu berhak melaporkan pada BAWASLU.” Sambungnya saat  diwawancarai.

BAWASLU berharap pada pemilu 2019 ini akan menghasikan Pemilu yang demokratis, berintegritas, berkualitas dan tentunya indikator-indikator itu juga harus ditopang dengan integritas, krediilitas, kapasitas dan juga netralitas dari penyelenggara Pemilu dan berbicara hal itu haruslah membuat satu kepastian dari penyelenggara Pemilu, karena kalau ada penyelenggara Pemilu yang melanggar asas itu, berarti tidak menaati peraturan perundang- undangan atau melakukan keberpihakan  terhadap salah satu paslon tertentu, maka sejatinya itu telah melanggar kode etik.

Laporan: Jarsyah
Editor: Rudy

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter