Friday, March 15, 2019

5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Ketika Jumatan
5 Tips Menghilangkan Rasa Kantuk Ketika Jumatan

Hari Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat muslim. Hari yang memiliki berbagai macam keutamaan, salah satunya yaitu pelaksanaan ibadah salat Jumat.

Salat Jumat adalah ritual ibadah yang wajib hukumnya untuk dilaksanakan bagi laki-laki muslim yang sudah dewasa.


Keistimewaan pelaksanaan salat Jumat ini adalah adanya penyampaian Khotbah oleh Khotib setelah adzan.


Tema yang dibahas dalam khotbah ini tidak terlepas dari penyampaian ilmu berupa seruan jalan taqwa dan nasihat untuk meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT. Namun nasihat baik itu terkadang sering terabaikan.


Ketika Khotib naik mimbar, ketika itu pula rasa kantuk mendadak menyerang. Bahkan tanpa mengurangi rasa bersalah, kita dengan percaya diri nya selalu menyalahkan setan yang tidak kasat mata sebagai penyebab itu semua. Kesannya terlihat wajar jika tertidur saat khotbah Jumat berlangsung.


Supaya ibadah salat Jumat kita tidak sia-sia dan benar-benar bernilai ibadah, ada beberapa tips bagi laki-laki muslim supaya tidak diserang rasa kantuk saat mendengar khotbah Jumat.


1. Niatkan benar-benar untuk melaksanakan salat Jumat


Niatkan dengan tekad yang kuat bahwa kita berangkat ke mesjid benar-benar untuk melaksanakan ibadah salat Jumat. Utamanya itu, urusan lain seperti ingin membeli buku, obat herbal, dan barang dagangan lain yang selalu dijajakan di pelataran mesjid anggap saja hanya selingan semata.


2. Biasakan mandi dan keramas terlebih dahulu


Jangan sepelekan efek dari mandi dan keramas sebelum melakukan aktifitas. Mandi menyebabkan pikiran dan badan menjadi segar. Jika pikiran dan badan segar, sudah tentu siap untuk menyimak khotbah Jumat.


3. Jangan makan berlebihan sebelum berangkat Jumatan


Penyebab kantuk adalah perut yang penuh, biasakan sebelum berangkat Jumatan jangan makan yang berlebihan.


4. Minum kopi dulu


Apabila dirasa masih tetap saja akan mengantuk walaupun sudah mandi, cobalah untuk minum kopi terlebih dahulu sebelum berangkat Jumatan, apalagi ditemani dengan sebatang rokok biar lebih afdol.


5. Duduk dibarisan yang strategis


Jika ingin menyimak Khotbah Jumat dengan seksama, alangkah baiknya kita melihat pula ekspresi wajah khotib diatas mimbar. Hal tersebut pastinya diperoleh jika kita duduk dibarisan yang strategis menghadap khotib. Jangan biasakan duduk dibarisan paling belakang sembari nyender 


Selamat melaksanakan Ibadah salat Jumat.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter