Tuesday, February 19, 2019

HMI Komisariat P STAIPI Sukses Adakan Kamus 2
HMI Komisariat P STAIPI Sukses Adakan Kamus 2

Garut, Selasa (19-02) - HMI Komisariat Persiapan STAI PERSIS Cabang Garut kembali mengadakan KAMUS yang ke 2, setelah sebelumnya membedah pedoman pedoman HMI yang bertempat di Villa Baleriung, Cipepe yaitu KAMUS 1.

Kegiatan yang bernama KAMUS (Kajian Umum Komisariat STAIPI) yang ke 2 dengan tema "Pengantar Lima Materi Wajib Guna meningkatkan kualitas Kader"  dilaksanakan dari tanggal 16 Februari 2019 sampai dengan 18 Februari 2019 bertempat di Karacak Valley.
Hmi kom p staipi
Acara dimulai hari sabtu pukul 10.30 dan selesai pada hari senin pagi pukul 02.00. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan yaitu dengan kajian sistematis pengantar menuju Lima Materi Wajib di HmI.

Kegiatan ini juga memberikan wajah baru di Tubuh HmI Cabang Garut, karena konsep kajian yang di lakukannya adalah Camp Out Door (Camping di alam terbuka).

Kegiatan ini di ikuti oleh beberapa kader HmI Komisariat Persiapan STAIPI, turut hadir juga kader dari Komisariat UNIGA yang baru selesai mengikuti LK 2 di Bulak Sumur dan juga dibantu oleh beberapa pengurus Cabang untuk melancarkan kegiatan tersebut.
Pembekalan materi
Pada kegiatan ini materi disampaikan oleh beberapa senior dan pengurus Cabang.

Kanda Hiban dari Bakornas LKBHMI Pusat memaparkan materi Pengantar Ilmu Hukum, Kanda Paim Dari PANWAS memaparkan materi Logika Dasar, Kanda Sofyan selaku Sekum Cabang memaparkan materi Sejarah Para Nabi dan Sejarah Pergerakan Mahasiswa Islam, Kanda Ginan selaku Kabid PPD Cabang Memaparkan materi Perbedaan Hukum dan Konstitusi, Kanda Roby selaku Bendum Cabang memaparkan materi Filsafat Ilmu,  Kanda Hermanto dari PANWAS memaparkan materi Filsafat Sosial, Yunda Nisa memaparkan materi Sensitif Gender, dan Kanda Wildan selaku Ketum Cabang memaparkan materi Tafsir Azas Islam dan Tafsir Independensi.

Pemaparan dari beberapa pemateri di moderatori oleh kader silih berganti, guna melatih agar berani tampil.

Para pengurus
Walaupun hujan sempat mengguyur dan suasana yang dingin, tidak sedikitpun menyurutkan semangat pemateri untuk menghadiri kegiatan tersebut. Pemaparan materi dilakukan di berbeda tempat seperti di saung, tenda, dan mushola dekat curug.

"Disamping mentadaburi alam, pemaparan materi dilakukan berbeda tempat guna mengenalkan lingkungan Karacak Valley" ungkap ketua pelaksana.

Formateur/Ketua Umum HMI Komisariat Persiapan STAIPI, Deden Wafa mengungkapkan bahwa dilaksanakannya kegiatan KAMUS 1 dan 2 adalah sebagai ciri khas pola kajian dari Komisariat STAIPI dan juga bentuk merawat akal sehat dan upgrade kualitas kader.

Walaupun kegiatannya sederhana dan sudah terlaksana beliau berpesan kepada kader yang tidak sempat hadir agar tidak patah semangat karena setelah KAMUS 1 dan 2 akan ada lagi kegiatan KALIMAT (Kajian Lima Materi). Maka dari itu jangan berhenti disana, mulailah membaca dan bergerak saat ini juga, karena perjuangan masih sangat panjang. Yakin Usaha Sampai

Kegiatan ini juga diharapkan menjadi contoh untuk komisariat lain agar tidak redup melakukan kajian sehingga memiliki ciri khas pola kajian di masing-masing komisariat dan tetap menjaga kultur kajian di HMI. (D)

6 comments:

Popular Posts

Newsletter