Monday, June 25, 2018

HMI Komisariat Staida M Garut Mengajak Semua elemen Sukseskan Pilkada
HMI Komisariat Staida M Garut Mengajak Semua elemen Sukseskan Pilkada


Pesta demokrasi 2 hari lagi berlangsung, tepat nya hari rabu (27 Juni 2018) tidak hanya di Garut tetapi berlangsung hampir di setiap daerah Indonesia.
Dalam pilkada seringkali di warnai dengan berbagai cara yang di lakukan oleh setiap tim pemenangan dari berbagai paslon di pilkada, meskipun cara yang di lakukan itu merupakan cara yang tidak sehat . Banyak sekali oknum yang rela berbuat demikian guna memenangkan pilkada di tiap daerah.
Sukseskan pilkada
HMI komisariat Staida

Dan belakangan ini sering kali kita mendengar politik uang atau money politic dengan tujuan untuk mempengaruhi seseorang agar tidak memilih maupun menjalankan hak memilihnya dengan cara tertentu . 

Baca penyebab terjadinya money politik
http://www.rmoljabar.com/read/2018/04/15/73621/Penyebab-Fenomena-Money-Politik-di-Pemilu-Garut-

Padahal telah jelas diatur dalam pasal 73 ayat 3 UU No 9 Tahun 1999 yang menyatakan :
"Barang siapa pada waktu di selenggarakannya pemilihan umum menurut undang- undang ini dengan pemberian atau janji, menyuap seseorang, baik supaya orang itu tidak menggunakan hak memilih atau mempengaruhi seseorang untuk menjalankan hak memilih dengan cara tertentu, di pidana dengan hukuman pidana paling lama 3 tahun" pidana ini juga berlaku pada pemilih yang menerima pemberian atau janji untuk berbuat sesuatu.
Selain itu kami berharap penuh kepada penyelenggara pemilu baik itu KPU dan Bawaslu agar senantiasa menjaga sikap independensinya, selain itu guna terciptanya penyelenggaraan pemilu yang bersih dan berkualitas di butuhkan netralitas, integritas serta kerja sama antara penyelenggara pemilu dengan masyarakat sehingga nantinya akan melahirkan pemimpin yang bersih, jujur,  amanah dan sesuai dengan konstitusi atau undang-undang no 7 tahun 2007 pasal tiga tentang prinsip yang mandiri (independen).
Maka kami Himpunan Mahasiswa Islam komisariat STAIDA M GARUT mengajak semua elemen masyarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas dan merdeka yang turut mengawal agar terselenggara pemilu yang bebas dari politik uang. Dan tidak terpengaruh oleh iming iming serta angin surga yang sipatnya sekejap yang berdampak 5 tahun ke depan.
Jangan lupa hari Rabu tanggal 27 Juni 2018 datang ke TPS !!
#Tolakpolitikuang
#HMIkawaldemokrasi

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter