Saturday, May 26, 2018

Merasa diri hebat
Merasa diri hebat


Sebab yang  paling kuat membuat orang merasa hebat adalah tatkala dirinya dipuji dan dipuja banyak orang. Karena pada saat itu lah dirinya merasa bahwa segala hal yang sudah menjadi hasil adalah akibat dari seberapa sering usaha yang dia lakukan.

Padahal hasil adalah milik Allah, dari Allah, dan ada karena kehendak Allah. Anda tidak akan menjadi orang besar kecuali jika Allah mentakdirkan anda sebagai orang yang besar. Dan jika Allah menginginkan anda supaya miskin atau mati sekalipun, maka tidak sulit bagi Allah untuk mematikan anda, Dia tinggal mengucapkan "Kun, FaYakuun" maka tidak akan ada sesuatu pun yang dapat mendahului kehendaknya, sekalipun itu mustahil di hadapan kita.

Merasa hebat bukanlah hal yang istimewa, bukan pula sifat yang mulia. Orang yang merasa hebat pada hakikatnya tidaklah senang hidupnya. Ia akan selalu merasa tidak puas dan iri terhadap apa yang telah orang lain hasilkan. celakanya dia tidak sadar bahwa dirinya penuh dengan kelemahan, sehingga terjatuhlah dia kepada dua sifat yang saling berkawanan, yaitu hasad dan kesombongan.

Merasa Hebat adalah buah dari ketidakikhlasan seseorang dalam menekadkan suatu niat. Sesuatu yang seharusnya dia niatkan hanya kepada Allah, tapi dia gelincirkan niatnya kepada selain Allah, sehingga munculah kesombongan, munculah ketidakmauan dalam menerima nasihat orang, dan yang paling parah dia munculkan dalam hatinya suatu perkataan "Semua kesuksesan ini adalah hasil kerja keras ku ini"

Baca juga : contoh artikel islami 

Mungkin saja dia terlalu yakin dengan kata-kata mutiara "Usaha tidak membohongi hasil" sehingga dia yakin bahwa usahalah yang menjadi patokan kesuksesan. Padahal sekali lagi, Allah lah yang mempunyai kehendak atas segala sesuatu. Bagi mereka yang terlanjur merasa Diri hebat, kiranya kata-kata mutiara "Usaha tidak membohongi hasil" itu harus diganti dengan "Kehendak Allah tidak membohongi usaha dan hasil", agar dia tahu bahwa Allah lah satu-satunya dzat yang pantas dipuji dan satu-satunya dzat yang bisa dikatakan "Hebat".

Jangan merasa Hebat!

Ditulis Oleh: Tamimi Hanafi
Pimpinan cabang Ikatan pelajar Muhammadiyah Banyuresmi

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter