Thursday, February 22, 2018

Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa
Edukasi Sebagai Kunci Kemajuan Bangsa


Indonesia merupakan negara kaya dengan sumber daya Alamnya yang sangat nelimpah. namun yang menjadi permasalahannya adalah Negara kita masih kekurangan Sumber daya manusianya dalam mengoptimalkan segala potensi yang ada. 
Berangkat dari hal tersebut maka sudah seharusnya Indonesia berusaha mengoptimalkan potensi sumberdaya alam yang di milikinya dengan mempersiapkan Sumber daya Manusianya sebagai modal utama melalui program edukasi atau pendidikan. Karena pendidikan merupakan hal pokok guna meningkatkan elektabilitas bangsa.
Edukasi atau pendidikan merupakan upaya yang di lakukan manusia untuk memanusiakan manusia. Oleh karena itu maka pemahaman tentang hakikat manusia merupakan landasan dalam melaksanakan edukasi. Selain itu  Edukasi yaitu proses pengajaran yang di lakukan baik secara Formal maupun non formal pada seseorang atau lebih dari satu orang yang di lakukan secara bersama-sama maupun secara individu. Sekolah adalah salah satu sarana untuk edukasi yang sangat banyak manfaatnya bagi peserta didik. Edukasi di sekolah terbukti ampuh dalam memberikan kesadaran akan pentingnya keilmuan terhadap peserta didik sehingga nantinya akan terbentuk suatu generasi yang lebih baik
Edukasi ini merupakan pondasi awal dan program investasi jangka panjang yang berguna untuk memajukan Indonesia dalam segala aspek. Ketua MPR Zulkifli Hasan pernah mengatakan bahwa ada tiga syarat yang dapat menjadi kunci kemajuan suatu bangsa yaitu :
1. Ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Trust atau kepercayaan antara yang satu dengan yang lainnya 
3. Nilai-nilai atau values
Syarat-syarat di atas itu akan bisa terwujud  melalui Edukasi atau proses pendidikan yang jelas dan juga efektif pelaksanaannya,selain itu menurut prof Dr Daoed joesoef mengatakan bahwa ketahanan dan kekuatan suatu bangsa Terletak pada bidang pendidikan. Kesadaran pendidikan dalam suatu negara merupakan indikator yang menentukan maju tidaknya suatu negara. Di Negara maju kesadaran pendidikannya sangat tinggi sedangkan di Negara berkembang kesadaran pendidikannya rendah. 

Edukasi Di Indonesia 

Pemerintah saat ini mulai serius dalam memperbaiki sistem pendidikan guna tercapainya kemajuan bangsa. Dimana pemerintah saat ini menggelontorkan anggaran untuk pendidikan mencapai 444 T suatu anggaran yang  yg tinggi di antara bidang yang lainnya. Selain itu Dalam upaya mengatasi permasalah Pendidikan di Indonesia pemerintah mulai merumuskan kebijakan umum pendidikan nasional di antaranya:
1.perluasan dan pemerataan pendidikan (wajib belajar 12 tahun )
2. Peningkatan mutu pendidikan 
3. Peningkatan efisiensi pendidikan
4. Peningkatan Relevansi pendidikan
5.peningkatan penyelenggaraan pendidikan yang baik dan dapat di pertanggung jawabkan (Good Government)
Dari upaya yang demikian itu di harapkan dapat menjadi manifestasi jangka panjang sehingga nantinya Indonesia mempu mengoptimalkan potensi yang dimilikinya.

Berawal dari kesadaran akan pentingnya pendidikan di Indonesia berdirilah lembaga pendidikan yang bernama" Edu Center"Sebuah lembaga pendidikan yang mengusung jargon "one stop education of excellence" . Edu Center ini merupakan lembaga pendidikan yang lengkap dan berlokasi di jl. BSD Boulevard Utara kav. Commercial international school ISI no 8 Tangerang, sebuah lokasi yang strategis dan mudah di jangkau.
#educenter memiliki lebih dari 20 lebih intitusi pendidikan dan juga tempat kursus dengan konsep pendidikan yang menarik dan terintegrasi sehingga cocok di era milenial ini. Disini terdapat banyak edukasi yang menarik di antaranya pre school, English course, young chefs Academy, Ballet, Global Art, dan yang lainnya .
Disini juga menyediakan mall Edukasi yang nyaman bagi anak-anak. Ada Playground, restauran, food court dan juga berbagai fasilitas lainnya sehingga anak - anak bisa nyaman dan tidak jenuh dengan aktivitas belajarnya .
Inilah contoh lembaga pendidikan di Indonesia saat ini sebuah upaya nyata dalam mengembangkan potensi Sumberdaya Manusianya dengan konsep yang menarik dengan harapan bisa menjadi investasi Indonesia di masa yang akan datang.

2 comments:

Popular Posts

Newsletter