Tuesday, February 13, 2018

Artikel Kesadaran Mahasiswa Hari ini
Artikel Kesadaran Mahasiswa Hari ini

Mahasiswa jaman now adalah Sebutan untuk Ciri Mahasiswa hari ini yang terkenal Pragmatis,Kreatif dan paham terhadap  Teknologi, itu menandakan bahwa generasi mahasiswa hari ini lebih suka berpetualang ,suka terhadap hal yang baru dan tak pernah menetapkan hatinya pada satu pilihan, kalau memang seperti itu , pasti perkuliahan akan penuh dengan pengalaman dan mereka tak  mau cepat -cepat mengharapkan kelulusan,tak gampang patuh pada dosen dan tentunya dosenpun akan susah dan kesulitan saat mengajar ,karena dalam pembelajaran akan di ramaikan oleh kekritisan dari pertanyaan yang di lontarkan mahasiswa, ruangan akan di sibukkan dengan diskusi atau tukar pikiran. Kalau memang seperti itu pasti akan terjadi pergerakan karena kampus bergejolak oleh pemikiran mahasiswanya yang akhirnya muncul suatu keberanian dalam menyuarakan suatu kebenaran. 
Kesadaran mahasiswa hari ini
Mahasiswa memang terkenal akan cara berpikirnya yang logis, kritis dan selalu bertindak etis. 
Namun sayangnya kalimat di atas hanyalah sebuah kata -kata klise. Karena hari ini seakan semua mahasiswa ternina bobokan dengan situasi yang ada, kampus tidak lagi melahirkan orang-orang yang hebat dengan pemikiran logis,kritis, dan berjiwa etis. seakan tak ada mahasiswa yang punya keinginan memperbaiki keadaan dan punya pengaruh terhadap lingkungan sekitarnya,dunia kampuspun seharusnya ikut memikirkan untuk memfasilitasi mahasiswanya sehingga dapat melahirkan sosok mahasiswa yang memilikii kemampuan serta peka  terhadap lingkungan di sekelilingnya, sehingga dapat  berperan aktif  dalam perkara kemanusiaan dan memebela hal-hal yang berkaitan dengan perampasan hak-hak masyarakat .
 Bukankah Didalam isi tri dharma perguruan tinggi salah satunya adalah pengbdian?
Tugas kampus tidak hanya memberikan tugas akademis dan sikap hidup kreatif, untuk apa kemampuan kreatif itu? adalah untuk kita memanifestasikan terhadap kemaslahatan sesama manusia (catatan harian ahmad wahib)
Selain itu Karena tidak semua orang mempunyai kesempatan bisa  meniikmati indahnya pendidikan, bahkan di Garut hanya  17 persen warganya yang bisa kuliah (pikiran rakyat) maka sudah saatnya para mahasiswa sadar akan peran pungsinya, tanamkan dalam diri bahwa kalian adalah agen of sosial control ,agent of change ,iron steek pewaris estapeta kepemimpinan. Sudah saatnya memBangun kembali keberanian yang selama ini hilang. Cobalah jadikan diri kita subjek dan kampus adalah objek , kampus adalah alat kita untuk bereksperimen ,jangan sampai, malah kita yang di peralat olehnya(emha ainiun najib) 
Apalagi kalian yang mengaku mahasiswa muslim, Kalian adalah umat terbaik maka landasilah pergerakan kalian dengan semangat ketuhanan jadilah generasi rabbaniyyah (nurholis madjid:islam doktrin peradaban)
Wahai orang yang berselimut bangun! berilah peringatan agungkanlah Tuhanmu (al-mudatsir:1-3)
Ayo bangun mandirilah (independen)dalam pemikiran dan juga tindakan, Mulailah dari hal yang terkecil dan yakinlah Tuhan tidak menilai seberapa besar yang engkau lakukan tapi sejauh mana pengorbananmu dalam memperjuangkan kebenaran .

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Newsletter